Koteka Papua

Koteka Papua
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1oMnsEsBPyLXJlPui2HzFRFuYVbPsXPT52XgYRODzqvSKSK3ir34GQ4FCd6TmWwaP-dtVlKzOZTE5uI-pzm4tQqRBaeJA3GrcfRfG7Sy-n_cDkGt2uvJkjXP3xGz2YRZvuzi3inib1IKh/s72-c/koteka.jpg
Koteka Papua
Koteka adalah pakaian untuk menutup kemaluan laki-laki dalam budaya sebagian penduduk asli Pulau PapuaKoteka terbuat dari kulit labu air, Lagenaria siceraria. Isi dan biji labu tua dikeluarkan dan kulitnya dijemur. Secara harfiah, kata ini bermakna "pakaian", berasal dari bahasa salah satu suku di Paniai.



Pakaian khas Suku Dani 
Sejumlah pemberitaan Harian Kompas mencatat, koteka sebenarnya bukan nama asli yang diberikan dari baju adat Papua tersebut. Di Suku Dani, tempat koteka masih eksis digunakan, koteka disebut dengan nama Holim. Kaum pria biasanya menggunakan holim yang terbuat dari kulit labu air tersebut. Holim dibuat dengan kulit labu yang dikeringkan lalu menjadi sarung untuk penis lelaki suku Dani. Bukan kali pertama holim atau koteka tersebut diributkan di kanca nasional.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Asal Usul Koteka, Pakaian Khas Suku Dhani hingga Pernah Dirazia Zaman Orba", https://megapolitan.kompas.com/read/2020/01/21/09355191/asal-usul-koteka-pakaian-khas-suku-dhani-hingga-pernah-dirazia-zaman-orba.
Penulis : Singgih Wiryono
Editor : Sabrina Asril

Related product you might see:

Share this product :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Jualan Online Khas Papua: Salatiga Jateng!! - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger